Monday, October 15, 2012

Tujuh Hal Keren tentang Handphone Android yang Sudah Di-root

Banyak pengguna handphone Android yang berlomba-lomba untuk me-root gadget kesayangannya tersebut. Dan, tak menutup kemungkinan Anda adalah salah satunya. Namun kemudian muncul pertanyaan besar, apa keuntungan dari sebuah handphone yang sudah di-root?

Jawaban untuk pertanyaan ini tentu sangat banyak. Anda bisa melakukan kustomisasi ROM, melakukan overclock CPU, menghapus aplikasi sistem yang menurut Anda tidak berguna dan lain-lain.

Dari sekian banyak kegunaan root pada handphone Android, berikut ini adalah 7 fungsi keren root pada handphone Android. Jika Anda memiliki pendapat, jangan sungkan untuk memberikan komentar pada kolom di bawah.

1. Menghapus Bloatware









Sebagian besar, sebuah handphone Android datang dengan dilengkapi aplikasi yang bahkan tak berguna dan tidak dipakai oleh penggunanya. Aplikasi tak berguna tersebut, biasa disebut bloatware.
Untuk hal yang satu ini, di handphone Android yang sudah di-root, Anda bisa menghapus atau menonaktifkan aplikasi tersebut. Untuk melakukan hal ini, salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan Gemini App Manager

2. Install ROM Custom












Hal inilah yang membuat handphone Android root paling menyenangkan. Terlebih di internet banyak ditemukan berbagai jenis ROM custom yang bisa saja menghasilkan performa yang jauh lebih baik dibandingkan dengan stock ROM.

3. Overlock CPU











Sebuah aplikasi bernama SetCPU bisa Anda gunakan untuk melakukan overclock pada handphone Android. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengatur dengan mudah kecepatan CPU yang Anda inginkan.

4. Merekam video di layar









Mengambil screenshot layar sudah biasa. Namun dengan handphone yang sudah di-root, Anda bisa memakai aplikasi bernama Screencast yang mampu mengambil screenshot rekaman video layar handphone Android Anda. Nantinya, video hasil rekaman memiliki format MP4.

5. Backup apapun











Berbekal aplikasi Titanium Backup, Anda bisa membackup segala yang ada di handphone Anda sekaligus. Dari data, aplikasi yang telah terinstall, aplikasi sistem dan lain-lain.

6. Menghapus Iklan














Dengan memakai aplikasi AdFree, layar di handphone Anda akan terbebas dari iklan-iklan yang biasa nongol pada aplikasi gratisan.

7. Garansi Hilang

Dengan melakukan rooting terhadap handphone Android, maka bisa saja garansi handphone Anda tidak berlaku. Anda memang bisa melakukan unroot. Namun terdapat beberapa handphone yang sudah dilengkapi dengan software yang bisa mendeteksi adanya tindakan rooting. Selain itu, melakukan kustomisasi secara sembarangan juga bisa berujung pada handphone brick.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...