Tuesday, October 23, 2012

10 Perusahaan Paling Mematikan (Part 2)

 6. Caterpillar Company


Caterpillar menjual semua jenis traktor, truk dan mesin - termasuk banyak kendaraan, kapal dan kapal selam yang digunakan oleh militer AS. Caterpillar juga memasok tentara Israel dengan buldoser yang digunakan untuk menghancurkan rumah-rumah Palestina - kadang-kadang dengan orang-orang masih berada di dalam.

Pada tahun 2003 sebuah buldoser Caterpillar melindas dan membunuh Rachel Corrie, seorang Amerika yang melakukan protes di Gaza dengan cara berdiri di depan traktor untuk mencegah penghancuran rumah Palestina.

7. Monsanto


Daftar kejahatan Monsanto termasuk menciptakan "benih terminator" yang menciptakan tanaman yang tidak pernah berbuah atau berbunga sehingga petani harus membeli bibit baru secara tahunan, melobi untukmenghapus label "Bebas Hormon" dari label susu bayi dan pengganti susu (bovine hormon pertumbuhan diyakini menjadi akselerator kanker) serta berbagai pelanggaran lingkungan dan kesehatan manusia yang terkait dengan penggunaan racun Monsanto - yang paling terutama "Agen Oranye." Antara 1965 dan 1972, Monsanto telah membuang ribuan ton limbah beracun di Inggris.

Menurut Badan Lingkungan Hidup bahan kimia tetap mencemari air tanah dan udara walaupun setelah 30 tahun setelah mereka dibuang. Negara bagian Alabama juga menggugat Monsanto karena selama 40 tahun membuang merkuri dan PCB ke dalam anak sungai setempat.

8. Nestle


Nestle terlibat deforestasi besar-besaran di Borneo - habitat orangutan terancam punah - untuk tumbuhan kelapa sawit, dan membeli susu dari peternakan ilegal. Nestle juga membuat sengketa dengan ahli lingkungan untuk klaim konyol nya bahwa air botol adalah "eco-friendly" ketika sebaliknya adalah benar.

Nestle mendesak ibu di negara-negara dunia ketiga untuk menggunakan susu bayi mereka, sebagai pengganti ASI, tanpa memperingatkan mereka dari pengaruh negatif yang mungkin timbul.

9. British Petroleum


Siapa yang bisa melupakan ledakan anjungan minyak tahun 2010 di Pantai Teluk yang menewaskan 11 pekerja dan ribuan burung, penyu laut, lumba-lumba dan hewan lainnya, dan secara efektif menghancurkan perikanan dan industri pariwisata di wilayah ini? Ini bukan kejahatan pertama BP terhadap alam. Bahkan, antara Januari 1997 dan Maret 1998, BP bertanggung jawab atas 104 tumpahan minyak. Tiga belas pekerja rig tewas tahun 1965 selama satu ledakan, 15 dalam ledakan 2005. Juga pada tahun 2005, sebuah feri yang membawa pekerja minyak BP jatuh, menewaskan 16 orang.

Pada tahun 1991, EPA mengutip BP sebagai perusahaan yang paling polusi di Amerika Serikat. Pada tahun 1999, BP dituduh membuang limbah beracun di Alaska, kemudian pada 2010 atas kebocoran bahan berbahaya beracun ke udara di Texas. Pada bulan Juli 2006, petani Kolombia memenangkan penyelesaian dari BP setelah mereka menuduh perusahaan memanfaatkan pemerintah paramiliter Kolombia melindungi pipa Ocensa.

10. DynCorp


Perusahaan militer privat sering disewa oleh pemerintah AS untuk melindungi kepentingan Amerika di luar negeri - sehingga pemerintah bisa mengklaim tidak bertanggung jawab atas tindakan DynCorp's. DynCorp terkenal karena kebrutalannya di negara-negara miskin, untuk perdagangan budak seks anak, untuk membantai warga sipil di Irak dan Afghanistan, dan untuk pelatihan pemberontak di Haiti. Di antara beberapa persaingan yang ketat, DynCorp mungkin perusahaan bayaran paling mematikan dan paling jahat di Amerika Serikat.

Part 1 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...