Tuesday, January 11, 2011

Tempat Parkir Otomatis dan Ramah lingkungan


CHICAGO- Masalah parkir memang menjadi persolana yang rumit, khususnya di kota-kota besar di mana terkendala masalah lahan yang sempit dan dituntut untuk dapat menampung jumlah kendaraan yang cukup banyak.

Namun masalah parkir tersebut nampaknya akan dapat diatasi oleh pemerintah kota Chicago.

Karena di kota tersebut nantinya akan dibangun tempat parkir tingkat yang dilengkapi dengan berbagai prangkat otomatis.

Tempat parkir otomatis tersebut menurut rencana akan dinamakan Green Park Eco Garage, yang memungkinkan lebih banyak menampung kendaraan dibanding tempat parkir biasa.

Tak hanya canggih, karena sesuai namanya, tempat parkir ini diklaim sebagai bangunan yang ramah lingkungan.

Dikutip Insideline.com, tempat parkir ini akan menggunakan lampu yang hemat energi, dan atap bangunan yang dapat menampung air hujan.

Kecanggihan tempat parkir tersebut terletak pada sebuah robot otomatis, yang akan mengangkat kendaraan ke lantai atas yang kosong, agar pengemudi dapat leluasa memarkir kendaraannya.

Ini tentu berbeda dengan tempat parkir pada umumnya, yang menggunakan semacam tanjakan agar kendaraan dapat naik ke lantai atas yang kosong.

Mungkin lahan yang tadinya digunakan untuk tanjakan itulah yang digunakan untuk menambah kapasitas ruang parkir, sehingga dapat menampung dua kali lipat kendaraan. Hebat juga yah!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...