Wednesday, January 19, 2011

Lagu Liverpool (YNWA) ternyata menjiplak dari Manchester United (GGMU)

Tahukah anda bahwa klub pertama yang menyanyikan lagu "You'll Never Walk Alone" sama sekali bukan Liverpool, melainkan oleh penggemar dari rival terberat mereka, Manchester United.Lagu "You'll Never Walk Alone" ditulis oleh Richard Rodgers dan Oscar Hammerstein II untuk sebuah acara musik bernama Carousel pada 1945.



Kemudian pada 1958, lagu ini untuk pertama kalinya dikumandangkan oleh fans United dalam sebuah pertandingan di markas mereka, stadion Old Trafford. Kala itu, kelompok musisi New Mills Operatic Society menyiapkan lagu ini untuk musikal Carousel, dan mereka menyanyikan lagu ini pada pertandingan kandang United untuk menghormati 23 orang (termasuk delapan pemain United) yang tewas dalam tragedi kecelakaan pesawat di Munich pada 6 Februari 1958.Fans United terus menyanyikan "You'll Never Walk Alone" hingga 1963,



ketika band asal Liverpool Gerry & The Pacemakers merekam lagu ini untuk dirilis sebagai single. Lantas, para pendukung Setan Merah menghapus "You'll Never Walk Alone" dalam daftar nyanyian mereka. Pada 4 November 1963, tembang "You'll Never Walk Alone" mencapai urutan teratas dalam daftar lagu pop di Inggris selama empat pekan, bahkan mengalahkan lagu "I Want To Hold Your Hand" karya The Beatles.



Selanjutnya, "You'll Never Walk Alone" diresmikan sebagai lagu 'kebangsaan' Liverpool, disusul klub lainnya yang menjadikan lagu tersebut sebagai anthem antara lain Hibernian dan Celtic (keduanya dari Skotlandia), Feyenoord dan FC Twente (keduanya Eredivisie Belanda), Club Brugge (Belgia), FSV Mainz 05 dan HSV Hamburg (keduanya Bundesliga Jerman) dan F.C. Tokyo (Jepang).





GLORY GLORY MANCHESTER UNITED

3 comments:

  1. menjiplak nya darimana? kan udah di ciptain tapi ga dijadiin lagu sm MU, kok bisa di bilang jiplak mas?

    ReplyDelete
  2. itu bukan menjiplak namanya tapi united kalah bersaing waktu itu utk mempatenkan lagu itu maka liverpool yang dominan waktu itu

    ReplyDelete
  3. YG PUNYA BLOG BENER2 TOLOOL !! NGEJIPLAK dari mananye ? Jelas2 rumornya cuma ada 1 fans emyu yg nyanyiin lagu YNWA (Itu jg tau bener tau kaga).. Lagian Lo tau kan sype pencipta lagu YNWA ?

    Yg bener2 ngejiplak tuh lagu GGMU, Yg jelas2 dulu milik LEEDS UNITED sjak thun 60an .. Ehh skrg2 knp jd milik MUnyet ?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...