Wednesday, August 24, 2011

Sejarah Sepeda Mulai Sketsa Hingga Fixie dan Folding


TERLEBIH DAHULU !





 Fixie:


Belakangan kita sering melihat anak2 muda mengendarai sepeda di jalan raya, berwarna warni dan kalau dilihat secara seksama, kesamaan mereka terletak pada gear dan rem, satu gear & tanpa menggunakan rem, sepeda jenis ini begitu populer sekarang dgn nama fixie, berikut apa dan bagaimana lahirnya sepeda hingga sampai ke desain fixie & folding.

Sejarah awal sepeda sepertinya masih sedikit membingungkan. Beberapa artikel merujuk pada sebuah sketsa sepeda yg diakui buatan Gian Giacomo Caprotti, seorang murid Leonardo Da Vinci sekitar tahun 1490an. Namun keotentikan sketsa ini msh diragukan, dan diteliti oleh pihak sejarah & kebudayaan Italia.
 
Bike1:

Masih ada beberapa pengakuan lain tentang asal usul sepeda
namun sepertinya sampai saat ini, fakta kemunculan sepeda yg cukup diakui adalah pada tahun:





1817: Draisienne


Seorang Jerman bernama Baron Karl von Drais menciptakan Laufmaschine (mesin berlari), yg kemudian dikenal dgn nama Draisienne. Struktur Draisienne hampir seluruhnya terbuat dari kayu, memiliki setang kemudi, namun tdk memiliki pedal utk dikayuh. Pola pergerakan Draisienne sama seperti saat menggunakan otopet ataupun skateboard, yaitu menggunakan kaki yg mengayuh bukan ke pedal, tapi langsung ke tanah (jadi ingat mobil The Flinstones). Von Drais mematenkan ciptaannya pada tahun 1818, dan kemudian lebih dikenal lagi dgn nama Velocipede.


 Bike 2:

1839

Sepeda pertama yg memiliki mekanisasi putaran roda diciptakan Kirkpatrick MacMillan, seorang pandai besi dri Skotlandia. Teknik pergerakan roda pada sepeda ini hampir sama dgn teknik pd lokomotif kereta uap. Ide MacMillan ini kemudian diimprovisasi olh seorang Skotlandia lain bernama Thomas McCall pada tahun 1860.

 Bike 3:




1860-1865: Bone-Shaker

Pertama kali sistem Pedal dan Crank diaplikasikan pd sepeda, persisnya pada roda depan. Siapa yg menciptakan sistem ini masih menjadi pertanyaan, karena ada beberapa pihak yg mengajukan klaim atas ide tersebut. Yg jelas, menempatkan pedal pd roda depan terbukti bukan ide yg sempurna, karena akn membuat pengendara sulit mengemudi karena goncangan pd roda akibat kayuhan. Rangka kayu kemudian digantikan oleh besi.
Namun dgn desain yg rigid, rangka & roda besi, serta kondisi jalanan yg berbatu2 pd masa itu membuat sepeda ini dikenal dgn nama Bone-Shaker.


 Bike 4:

1868

Sepeda pertama yg menggunakan ban karet dan Ball-Bearing digunakan James Moore dalam lomba sepeda yang pertama kali diadakan.

 Bike 5:

1870: High-Wheeler

James Starley, seorang Perancis menciptakan sepeda pertama yg menggunakan roda depan yg sngt besar, yg dikenal dgn nama Penny-Farthing. Penny-Farthing sebenarnya adalah pengembangan lebih lanjut dari Bone-Shaker. Roda depan yg besar membuat pengendara dpt berjalan lebih jauh untuk setiap rotasinya, dan jg resiko yg besar apabila berhenti mendadak ataupun meluncur pd turunan, karena jatuhnya pasti lebih sakit.

 Bike 6:

Sepeda ini sangat populer pada tahun 1880an, dan merupakan sepeda pertama yg mendapat sebutan Bicycle (dua roda). Bagaimanapun, yg menyandang nama Bpk Sepeda Tinggi (High Bicycle/High Wheeler) justru seorang Perancis lain bernama Eugene Meyer, bukan Starley.

1874

Sepeda pertama yg menggunakan rantai pada roda belakang diciptakan oleh H.J. Lawson.
Bike 7:



1878: Portable Bicycle

W.H.J. Grout mematenkan High Wheeler versi portabel. Beberapa pihak ada yg menyatakan bhw inilah sepeda lipat yg pertama di dunia. Namun sesungguhnya sistem yg diperkenalkan Grout adalah bongkar-pasang (disassemble-able), bkn sepenuhnya sistem lipat.

 Bike 8:

1885: Safety Bicycle

John Kemp Starley memperkenalkan Rover, sebuah Safety Bicycle sebagai pembaharuan dri High Bicycle yg berbahaya. Model safety bike ini sdh dilengkapi dgn berbagai unsur yg dimiliki sepeda modern.

 Bike 9:

1893: Folding

Seorang Amerika bernama Michael B. Ryan akhirnya mematenkan sepeda lipat yg sesungguhnya.

 Bike 10:



1896: Recumbent

Recumbent Bicycle muncul pertama kali. Model Recumbent adalah tipe sepeda dmn pengendara dpt duduk bersandar atau bahkan rebahan. Umumnya sepeda Recumbent memiliki roda dpn lebih kecil dari roda belakang.

 Bike 10:

1900-1950

Awal abad 20, 1900–1910, popularitas speda tersaingi olh kehadiran teknologi baru bernama mobil. Tahun 1920 & selanjutnya sepeda mulai dianggap sebagai mainan anak2 ketimbang sebuah alat transportasi. Namun diera inilah munculnya sepeda jenis Cruiser.

Bike 11:

Jenis yg terkenal utk ketahanan & jg beratnya ini diperkenalkan oleh Schwinn pada tahun 1933, serta menjadi populer pada 1940-1950. Bentuk Cruiser menyerupai sepeda motor pd masa itu, hanya saja tanpa motor.

1960-1973: BMX, Lowrider, Race/Road Bike

Sepeda kembali diminati sbg alat rekreasi & juga alat olahraga,di samping fungsi transportasi. Di era inilah sepeda jenis BMX (Bicycle MotorCross) hadir dimuka bumi California, AS.

 BMX:


Dan diawal tahun 1960 jg menjadi awal pengembangan sepeda jenis Lowrider yg dpt dibedakan dri bentuk sadel yg umumnya panjang & sedikit meliuk, stang yg tinggi & panjang, rangka chrom yang curvy, serta berbagai macam aksesoris lainnya.

 Lowrider:


Selain itu, sepeda jenis balap mulai digarap dgn desain yg khusus pada awal 1960.

 Race Bike:

1977: Mountain bike

prototipe pertama sepeda gunung dikembangkan oleh marin co. Di san fransisco, as. Produksi massal sepeda gunung diawali pada tahun 1981.

 mountain bike:



FIXIE BICYCLE (Fixed gear)





pada prinsip sepeda fixie adalah sepeda dengan "gear mati" alias fixed gear atau tidal free wheel. Base sepeda ini menggunakan rangka sepeda balap (road bike) dan simple, tanpa gear shift bahkan handle brake (rem).
Sepeda fixie adalah sepeda yang digunakan kaum pengantar pos/koran/majalah, yang biasa dikenal dengan kurir di wilayah amerika, persisnya di new york.






mereka mengalami masalah lead time pada saat mendeliver paket mereka karena kondisi kota new york yang begitu padat.
Makanya mereka memilih sepeda sebagai altrernative, dan hasilnya memuaskan dengan lead time delivery berkurang dan pengiriman yang jauh lebih cepat.

Fixie bike, yang menggunakan fixed gear, akan membuat ayunan pedal terus berputar seiring dengan perputaran roda belakang, sehingga untuk melakukan pengereman, maka si pengendara harus mengurangi putaran pedal dengan cara gaya melawan arah putaran pedal atau biasa disebut dengan sistem "door trape".

Hal ini sangat berbahaya untuk orang yang tidak terbiasa, karena pada saat melewati jalan menurun, maupun berbelok, pedal akan terus berputar dan laju sepeda akan terus melaju dengan kencang.
"biasanya perbandingan gigi (gear ratio) depan dan belakang juga besar".



 gear on fixie:


 ▄▀▄▀▄ ★★ T I P S ★★ ▄▀▄▀▄
untuk yang penasaran kepengen punya fixie, sekarang ada alternative, seperti :

a. Biasanya untuk mensiasati penggunaan gear door trape, juga dipasangkan gear free wheel, jadi pada hub belakang ada dua gear di kanan dan kirinya. Satu sisi untuk sistem door trape, sisi lain untuk free wheel

jadi kalo mau nyaman dan aman, tinggal dibalik aja bannya, asal jangan lupa, sebaiknya juga pake ban luar dengan sistem “all direction”

b. Bisa ditambahkan dengan rem depan saja, (ingat sepeda fixie adalah sepeda yang simple, jadi nggak banyak assesoris)

kenapa rem depan saja? Karena rem depan lebih akurat dan cepat untuk memperlambat laju sepeda, selain pada saat kita melakukan rem depan, otomatis berat tubuh akan terdorong ke depan sesuai dengan hukum alam kelebaman. Jadi titik tumpu akan condong ke arah depan, sehingga lebih efektif meredam gaya yang ke arah depan.



FOLDING BICYCLE (Lipat)




banyak yang mematenkan desain sepeda lipat. Mulai dari michael b. Ryan dari amerika serikat. Henry gerard dari perancis. Ia malah menciptakan seli sebagai perlengkapan tempur untuk militer. Pabrikan seli di eropa mulai bermunculan seperti dursley-pedersen (england), faun (england), fongers (holland), peugeot (france), bianchi (italy), leitner (rusia)


ERA PD 1 dan PD 2




perang dunia pertama seli banyak digunakan untuk paratroopers (penerjun payung). Contohnya merk pabrikan inggris bsa (birmingham small arms) ini. Pada perang dunia kedua, pabrikan columbia asal as memproduksi compax untuk keperluan penerjun payung militer. Tapi alih-alih dilipat. Columbia memproduksi frame separated (terpisah)

1970-an




produk seli mulai booming di as dan inggris. Salah satu produk as yg paling laku dan populer adalah raleigh twenty stowaway. Diperkenalkan tahun 1971 dan diproduksi sampai tahun 80-an. Produk inilah yg pertama kali mempopulerkan hub bearing, tepatnya sturmey-archer 3-speed hub. Di era ini hampir semua negara di eropa barat mempunyai pabrikan seli. Beberapa diataranya di perancis ada peugeot, italy ada bianchi dan juga graziella dan formicone. Era ini juga dikenal produk seli yg murah meriah dikenal dengan u-frame.

ERA 1980-Sekarang



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...