Friday, August 19, 2011

Cara Bermain Rubik Rumus Rubik 3×3 4×4 2×2

Langsung aja ke TKP gan .......



Menyelesaikan Rumus Rubik 3×3 4×4 2×2 dan cara bermain rubik bagi pemula sebenarnya rumus nya sedikit rumit kalau tidak disertai dengan banyaknya latihan dalam menyelesaikan sebuah rubik baik itu Rumus Rubik 3×3 4×4 2×2 dan yang lainnya

Ada banyak metode yang berbeda untuk memecahkan kubus Rubik 3×3 4×4 2×2. Mereka dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu metode lapisan dan sudut metode pertama (dan ada sub-kategori dalam kategori ini )

Metode rumus rubik bagi pemula hanya membutuhkan menghafal beberapa algoritma, dan jika dilakukan secara efisien dapat mencapai memecahkan dari 60 detik atau lebih cepat baik itu rubik 3×3, rubik 2×2 maupun 4 x4 . Walaupun ada orang-orang yang bisa menyelesaikan dalam 20-30-an dengan metode seperti ini. Namun jika belum dapat memecahkan begitu cepat dengan metode pemula, jangan kecewa teruslah mencoba dan mencoba

Spoiler for mutasi rubik:

Metode CFOP

CFOP adalah singkatan dari Cross- F2L-OLL-PLL. Ada 4 tahap yang perlu dilalui untuk menyamakan keenam sisi Rubiks cube dari posisi yang paling acak sekalipun. Berikut ulasannya:

1. Cross

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menyelesaikan Rubiks cube adalah membuat Cross. Cross adalah tanda silang ( atau tanda + ) pada salah satu sisi warna Rubiks cube. Cross yang benar bisa dilihat di gambar berikut:


2. F2L

]Merupakan singkatan dari First two Layer atau tahap dimana kita menyelesaikan 2 layer pertama. Dalam metode full friddrich kita membentuk pasangan lalu memasukkannya ke 4 slot yang tersedia untuk menyelesaikan layer 1 dan 2 sekaligus


3. OLL

Merupakan singkatan dari ‘Orientating Last Layer’. Segera setelah layer 1 dan 2 selesai, akan terbentuk pola tertentu dan tujuan kita adalah menyamakan warna sehingga ‘top face’ akan memiliki warna yang sama (seringnya warna kuning, jika cross dilakukan pada warna putih dengan skema warna standar). Ada 57 kasus pada OLL yang menyebabkan kita perlu menghafal 57 alogaritma yang berbeda. Waktu eksekusi ideal untuk tahap ini adalah 2-3 detik.


4. PLL

Merupakan singkatan dari Permutation Last layer. Disini kita saling menukar posisi corner dan edge ke tempat semula. Ada 21 alogartma pada tahap ini yang secara ideal rata rata diseksekusi dalam 2-4 detik.



Step by step-nya  :

1. Step 1


2. Step 2


3. Step 3


4. Step 4


5. Step 5



Tentunya dibutuhkan latihan dan ketekunan untuk bisa menyelesaikan permainan ini. Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...